Wednesday, November 21, 2012

Angkat Topi untuk Mereka!

Kembali lagi mau cerita tentang dunia perkereta-apian, maklum lah ya, saya pengguna setia jasa KRL Commuter Line :)
Nampaknya Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, menurut pantauan saya hampir setiap sore daerah sekitar depok-bogor-jakarta diguyur hujan. 3 daerah itu cukup lah ya mewakili Indonesia..hehe
Apa hubungannya musim hujan dengan kereta? jelas sekali sangat berhubungan. Kalau bisa dirumuskan, mungkin akan jadi seperti ini, "..intensitas hujan berbanding lurus dengan intensitas terganggunya perjalanan kereta..". Semenjak masuk musim penghujan, kereta semakin sering mengalami gangguan. Sampai sekarang, hari ke-21 di bulan november, sudah dapat dipastikan, setiap kali datang hujan, pasti kereta mengalami gangguan. Ada gangguan persinyalan, ada gangguan karena gardu tersambar petir dan yang paling baru, gangguan karena jalur tergenang air dan tanah yang longsor.
Tentu saja hal ini masih dikaitkan dengan kenaikan tarif KRL menjadi Rp 9.000,- beberapa waktu yang lalu. Sungguh sebuah kebijakan yang sangat tidak tepat waktu menaikkan tarif kereta di musim hujan. Kembali lagi banyak penumpang yang merasa sangat dirugikan. Seperti beberapa kicauan yang terlihat di timeline beberapa saat yang lalu, sementara jalur perjalanan kereta terputus di depok karena ada tanah longsor.



Lebih lagi, setelah ada twit begini :




Kasihan juga ya melihat Commuter Line dihina-dina begini, bukan sepenuhnya salah mereka juga sebenarnya, kalau dipikir-pikir kan bukan inginnya mereka juga ada gangguan. Tanah longsor juga bencana alam, ga bisa diprediksi.
Puji Tuhan untuk saat ini, saya ga ikut kena gangguan, jadi, alih-alih memaki PT. KAI, sesaat sempat terpikir dengan orang-orang yang mengatur teknisnya perjalanan kereta. Para man behind the gun ini kalau dipikir-pikir keren banget loh, secara untuk mengatur jadwal kereta yang biasa saja sudah ribet, nah sekarang mereka harus mengatur ulang jadwal perjalanan kereta ketika ada gangguan. Kereta diatur sedemikian rupa agar tidak bertabrakan dan sampai ke tujuan tertentu. Pasti mereka orang-orang cerdas, punya kemampuan logika yang hebat, dan yang pasti mereka keren banget! :)
Angkat topi buat orang-orang ini!

No comments:

Post a Comment