Tuesday, June 3, 2014

Manfaat Komputer Dalam Bidang Seni Musik

Dalam bidang musik ini, komputer telah digunakan sebagai alat bantu sudah sejak beberapa tahun lalu. Beberapa jenis komputer seperti Commodore 64 dan Apple IIGS memiliki chip penimbul suara untuk aplikasi di bidang musik. Berikut adalah manfaat-manfaat penggunaan komputer dalam bidang seni musik.
Media Untuk Mendengarkan Musik
Ini adalah manfaat paling sederhana dari komputer dalam hubungannya dengan musik, komputer sering digunakan sebagai media untuk memperdengarkan lagu. Kita tinggal menginstall suatu program tertentu, dan berbagai file suara yang kita miliki dapat langsung kita dengarkan. Ada banyak contoh software yang digunakan, yaitu seperti Windows Media Player, Winamp, iTunes,dsb.
Pembuatan Lagu / Rekaman
Sebagian besar komputer saat ini dapat digunakan untuk mengendalikan peralatan musik. Pada saat lalu, seorang musisi hanya dapat memainkan musik dengan empat metode dasar, yaitu menabuh suatu objek, menggesekan dua benda (biola atau cello), memetik senar (gitar), dan menghembuskan udara melalui suatu objek (terompet). Sekarang metode ini telah dikembangkan dengan munculnya teknologi digital.
Keyboard digital, gitar elektrik, synthesizer, dan sampler suara dapat dihubungkan satu sama lain dan dikontrol oleh komputer untuk membuat bunyi-bunyian baru yang tidak mungkin dihasilkan oleh instrument musik konvensional. Selain itu untuk membuat suara bunyi komputer dapat melekukkan, membentuk, mengompres, dan memotong not-not musik untuk meniru instrument konvensional dengan suatu cara yang tak terbayangkan oleh para musisi beberapa tahun lalu.
Komputer bisa dipakai untuk menghasilkan musik seperti dimainkan oleh satu grup musik dengan peralatan lengkap. Dasarnya, hanya butuh sedikit perangkat dan tentu saja sedikit jiwa seni.
Oleh karena itulah muncul istilah musik digital. Ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai arti musik digital,
Pertama, musik digital ialah musik yang dikemas secara digital. Jadi CD audio, MP3, dan WMA merupakan contoh musik digital
Kedua, musik digital ialah musik yang diolah secara digital. Musik ini dihasilkan oleh alat musik asli, kemudian diolah secara digital. Misalnya, dalam sebuah lagu terdiri dari gitar akustik, bas, piano, dan drum. Lagu yang dimainkan oleh masing-masing alat musik direkam secara terpisah dan tidak berbarengan. Kemudian, dengan menggunakan perangkat tertentu, suara-suara tersebut dipadukan serta diedit dan disempurnakan.
Terakhir, musik digital ialah musik yang dibuat secara digital. Saat pembuatan, suara-suara dihasilkan dengan merangkai sampel-sampel suara alat musik yang sudah ada, tanpa membutuhkan alat musik. Musik digital tipe terakhir ini dapat dibuat tanpa bantuan alat musik sama sekali, hanya menggunakan komputer.
Dengan bantuan komputer dalam membuat musik digital tipe ketiga, keuntungannya adalah seseorang tidak perlu bisa memainkan alat musik. Kita tinggal mengambil sampel suara, meletakkannya pada tempat yang tepat, menggabungkannya dengan sampel-sampel suara yang lain sehingga menjadi sebuah lagu.
Dengan menggunakan komputer PC, kita dapat membuat musik dengan cara yang jauh lebih murah, karena dengan PC, ratusan bahkan ribuan alat musik bisa didapat untuk bereksperimen.
Mengenai perangkat untuk bermusik secara digital secara sederhana, alat yang dibutuhkan tak rumit. Dari segi perangkat keras, PC yang dilengkapi dengan kartu suara sudah cukup. Prosesornya cukup Pentium II saja, sudah bisa jalan. Kalau mau lebih mudah dalam bermusik boleh dilengkapi dengan keyboard MIDI.
Perangkat lunak untuk bermusik digital banyak yang gratis alias freeware.

No comments:

Post a Comment