Tuesday, June 3, 2014

Cluster, Grid, Parallel, Beowulf

I.
Personal Computer (PC) atau Komputer Pribadi jika ditinjau dari berbagai klasifikasi komputer, maka akan masuk ke dalam kategori
Komputer Digital, karena data yang diterimanya adalah data yang berupa data digital. Berfungsi untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif

General Purpose Computer, karena komputer ini dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer ini dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan penggunanya.
Small Scale Computer, atau komputer skala kecil, karena memang komputer ini dirancang untuk digunakan oleh satu orang pada satu saat tertentu, dan memiliki kemampuan proses dalam jumlah yang kecil.
Microcomputer, karena komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, dan menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Serta dirancang sedemikian rupa untuk berinteraksi dengan penggunanya, yang kebanyakan untuk kegunaan di rumah, perkantoran, dan bisnis.
Personal Computer biasa dikenal dengan Home Computer, atau Small-bussiness Computer. Istilah komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalam artikel berseri yang berjudul "The World in 1984" (Dunia pada Tahun 1984). Generasi pertama mikrokomputer mulai bermunculan pada tahun 70-an. Namun begitu, ia tidak berkemampuan tinggi, dan kurang cakap dibandingkan dengan komputer bisnis (Business Computer) pada waktu itu, sehingga hanya digunakan oleh peminat komputer, atau hanya untuk permainan elektronik serta penggunaan bulletin board system. Mikrokomputer menjadi alat perniagaan ketika program spreadsheet VisiCalc diluncurkan untuk mesin Apple II, dan kemudian untuk kelompok 8-bit Atari, Commodore PET, dan PC IBM yang menjadi program aplikasi terpopuler. Pada sekitar tahun 1980an, harga komputer pribadi yang rendah menjadi sebab utama kepopularannya untuk kegunaan di rumah serta bisnis.

II.
Persamaan
Baik Cluster, Parallel, Grid, maupu Beowulf sama-sama mengunakan beberapa komputer dalam waktu yang bersamaan, dan terhubung karena adanya jaringan tertentu. Dengan sebuah komputer sebagai pengendali dan beberapa node untuk mengerjakan pembagian suatu tugas.

Perbedaan
Mesin Cluster, adalah mesin yang menggunakan sistem dimana itu adalah gabungan dari beberapa system individual (komputer) baik sistem perangkat keras maupun sistem pperangkat lunak yang dikumpulkan pada suatu lokasi, saling berbagi tempat penyimpanan data (storage), dan saling terhubung dalam jaringan area local (LAN) dimana komputer-komputer tersebut dapat bekerja sama dalam pemrosesan suatu masalah.
Mesin Paralel, melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.
Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel untuk merealisasikan komputasi.
Mesin Grid, merupakan pengembangan teknologi mesin paralel dengan memanfaatkan jaringan pita lebar / broadband ( sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi)  di era digital. Dengan adanya jaringan pita lebar, paralelisasi tidak hanya dilakukan antar komputer dalam satu jaringan, tetapi juga antar mesin paralel yang terpisah secara geografis.


Mesin Beowulf, bisa juga disebut dengan mesin Beowulf cluster. Cluster Beowulf adalah sekelompok cluster komputer yang terhubung dalam jaringan, seperti jaringan local kecil dengan program tertentu yang telah terinstall sehingga memungkinkan  pemrosesan untuk dibagi antar komputer-komputer tersebut. Hasilnya adalah kinerja tinggi parallel komputasi cluster dari perangkat keras yang terjangkau.
Nama Beowulf awalnya merujuk pada sebuah komputer yang dibangun tahun 1944 oleh Thomas Sterling dan Donald Becker di NASA. Tidak ada bagian tertentu dari perangkat lunak yang mendefinisikan sebuah cluster sebagai Beowulf. Beowulf biasanya menjalankan sistem operasi mirip UNIX, seperti BSD, Linux, atau Solaris. Umumnya menggunakan pemrosesan parallel yaitu Interface Message Passing (MPI) dan Parallel Virtual Machine (PVM). Keduanya bertugas untuk membagi tugas antar sekelompok komputer, dan mengumpulkan hasilnya. Sistem Beowulf sekarang digunakan di seluruh dunia, terutama dalam mendukung komputasi ilmiah.  

No comments:

Post a Comment