Tuesday, November 4, 2014

Aplikasi Canggih Solusi PR Matematika

Pusing dengan PR Matematika yang susah? sekarang tidak perlu khawatir lagi, bagi pelajar yang setengah mati kesusahan ngerjain soal matematika, sudah ada aplikasi canggih yang bernama PhotoMath.

Aplikasi ini bisa menyelesaikan soal matematika hanya dengan di foto! aplikasi yang disinyalir akan terbit pada tahun 2015 ini benar-benar mempermudah penggunanya yang tentu kesulitan menghadapi soal-soal matematika yang memusingkan.

Sebenarnya Aplikasi ini sudah di kembangkan selama 3 tahun lalu, yang merupakan hasil pengembangan dari Kroasia, namun masih belum di perkenalkan secara luas di seluruh dunia. Fungsi dari Aplikasi PhotoMath sendiri yaitu, untuk mendeteksi soal - soal matematika seperti penggunaan desimal, pecahan, aritmatika, akar, dan persamaan linier sederhana. Dan menurut Damil Sabol sebagai CEO PhotoMath itu sendiri mengungkapkan bahwa, penciptaan aplikasi ini ditujukan untuk membuat matematika menjadi lebih mudah dan sederhana dengan mendidik para pengguna bagaimana memecahkan masalah soal matematika tersebut. Jadi, di tahun - tahun yang akan datang mata pelajaran matematika ini sudah tidak lagi menjadi suatu hal yang sangat menakutkan serta di hindari.

Cara menggunakan Aplikasi PhotoMath ini juga terbilang cukup mudah dan sangat sederhana, sobat cukup mengarahkan kamera ponsel yang sobat miliki pada soal matematika tersebut, kemudian kamera akan Memindai atau melakukan Scanner, dan jawaban soal matematika tersebut seketika akan tampak di layar ponsel Smartphone yang sobat miliki. PhotoMath juga di lengkapi dengan teknologi pengenalan karakter untuk membaca soal matematika, sehingga dapat meresponsnya dan memberikan jawaban kepada para penggunanya.

sumber : http://www.davincy86.com/2014/10/photomath-aplikasi-canggih-untuk.html (dengan perubahan)

Sebulan Merasakan Akun Path Premium!

Suatu hari ketika saya sedang melihat-lihat akun Path saya, tiba-tiba ada pop up muncul bertuliskan
"We're turning four! Celebrate our birthday with us and enjoy Path Premium for free all throughout November."
Awalnya saya tahu dari perbincangan teman-teman, dan saya tidak begitu percaya sampai akhirnya mendapat pemberitahuan langsung. Inilah bentuk selebrasi perusahaan Path dalam merayakan ulang tahunnya yang ke-4. Selama sebulan penuh, pengguna dimanjakan dengan fasilitas akun premium secara gratis.

Member premium tersebut berlaku selama satu bulan penuh sepanjang November. Jadi, pada 1 Desember nanti status member non-premium akan kembali seperti akun biasa. Layanan member premium itu sendiri menawarkan banyak hal, seperti stiker dan filter tambahan berbayar.

Path sendiri mulai membuka layanan member premiumnya pada September 2013 dengan biaya langganan USD 15 (sekitar Rp 150 ribu) per tahun.

sumber : https://id.berita.yahoo.com/rayakan-ulang-tahun-path-buat-semua-pemilik-akun-094724436.html (dengan perubahan)

Saturday, October 25, 2014

Suatu Hari Saat Aku Begitu Menanti Mentari

Saat itu,
saat aku merasa tak ada yang mengerti diriku
saat aku tahu sebuah kenyataan, kalau yang merasa seperti ini hanya aku
tidak ada orang lain
tidak bisa orang lain

Kala itu,
kala semua rasa tumpah ruah jadi satu
kala hati ini sudah ingin sekali jadi batu
tapi tak bisa
aku tetap harus merasa

Hari itu,
hari selepas malam-malam yang lelah
hari setelah isak tangis memecah

datanglah pagi..

pagi yang tidak biasa,
karena aku bisa bertemu denganNya
merasakan kehadiranNya

tak perduli kulitku menghitam
atau wajahku yang berpeluh
aku begitu menantinya
merasakan hangatnya
memeluk tubuhku yang mungkin ingin tak bernyawa

Mentari itu,
mentari yang sepertinya biasa
namun tidak bagiku
padanya aku begitu merindu

mungkin sepele,
tapi inilah hal yang paling ku nanti
merentangkan tangan selebar-lebarnya
berteriak sekencang-kencangnya
di bawah mentari

Karena aku tahu,
Dia ada di sana memelukku
Dia ada di sana menghiburku
Dia ada di sana selalu untukku
di dalam mentari

Tuesday, October 7, 2014

Analisa Student Site Universitas Gunadarma

Pada kesempatan ini, saya akan melakukan analisa terhadap web Student Site Universitas Gunadarma yang ber-alamat di http://studentsite.gunadarma.ac.id/. Dimana baru-baru ini telah dilakukan perubahan tampilan Student Site yang secara garis besar menurut saya lebih baik dari versi yang terdahulu. Berikut adalah tampilan halaman Student Site yang baru :



Dan berikut adalah analisanya, berdasarkan prinsip-prinsip Interaksi Manusisa & Komputer (IMK) :

1.       Accessibility
Sistem sudah di desain tepat dapat digunakan oleh banyak user, yang tentunya merupakan civitas Universitas Gunadarma.
2.       Aesthetically
Dalam web ini, setiap unsur mempunyai nilai estetika dan makna, tidak ada yang tidak berguna
3.       Avaibility
Sebagain besar fungsi dari studentsite telah dijalankan dengan baik dalam system ini, dan tersedia untuk memenuhi kebutuhan user.
4.       Clarity
Tampilan elemen visual, fungsi, dan konten yang disediakan sudah jelas. Sesuai, satu dengan yang lainnya.
5.       Compatibility
Isi web ini sudah sesuai dengan fungsi studentsite yang sebenarnya
6.       Configurability
Susunan dari setiap konten web sudah sesuai, meletakkan menu di paling atas dan samping, dan konten-konten yang mengikuti di bawahnya.
7.       Consistency
Web konsisten terhadap perubahan, update terhadap info-info terbaru dan tidak membingungkan
8.       Control
Proses yang terjadi dalam web terkontrol oleh system.
9.       Directness
Objek-objek yang ditampilkan berkomunikasi lansung dengan user, setelah ada input/aksi dari user system langsung memberikan output/reaksi.
10.   Efficiency
Konten yang ditampilkan efisien, dan tampil dengan porsi yang sesuai, tidak kurang dan juga tidak berlebihan.
11.   Familiarity
Web studentsite ini mudah dikenali, dipelajari, dan dimengerti, karena tampilan yang simple dan elegant, membuat penggunanya merasa nyaman menjelajahinya
12.   Flexibility
Web mampu menyesuaikan terhadap karakter user yang beragam, karena bahasa dan tampilannya yang universal.
13.   Forgiveness
Apabila terjadi kesalahan interaksi dari user, web memberikan pemahaman dan pesan konstruktif, agar user dapat memperbaiki kesalahan. Seperti pada kasus tidak bisa login, diberikan fitur ‘forget password’ dan juga komunikasi dengan help desk apabila terjadi kesulitan.
14.   Immersion
Web fokus terhadap kepekaan dari input yang diberikan user, dan respon terhadap suatu aksi.
15.   Obviousness
User dapat dengan mudah mempelajari isi web dan mengerti batasan-batasan apa saja yang disediakan system.
16.   Operability
Web beserta fungsi-fungsi yang tersedia di dalamnya dapat digunakan sesuai prosedur.
17.   Perceptibility
Desain system yang mampu dimengerti oleh user sehingga menghasilkan proses komunikasi yang lancer.
18.   Pleasing
Pilihan warna, gambar, dan desain letak konten-konten web memberi kesan menyenangkan pada pengguna, karena up to date dengan desain masa kini.
19.   Recovery
Apabila terjadi error dalam system, ada usaha perbaikan yang di lakukan oleh admin.
20.   Safety
Dapat dioperasikan dengan aman oleh user, tanpa adanya ancaman-ancaman komunikasi yang berbahaya.
21.   Simplicity
Web berisi tampilan yang user friendly, desain yang sederhana, mudah dimengerti, dan tidak menggunakan terlalu banyak elemen yang tidak perlu.
22.   Visibility
Sebahagian besar fungsi yang tersedia terlihat jelas dan dapt dipergunakan pada saat diperlukan.


Kesimpulan & Saran :
-          Pada tampilan mobile, web tidak dapt di scroll ke bawah, sehingga berita tidak dapat ditampilakan pada halaman utama.
-          Baik dalam tampilan web maupun mobile, menu BAAK tersedia, namun tidak dapat dipergunakan, jadi ketika ingin melihat jadwal kuliah dan ujian, harus membuka halaman baru dan mengetik ulang alamat website BAAK.
-           Diharapkan dapat dilakukan perbaikan terhadap kendala-kendala tersebut.

Thursday, September 11, 2014

suatu hari..

suatu hari
ketika kamu tahu, hidupmu sekarang bukanlah mimpi

suatu hari
saat kamu sadar, yang tidak mungkin itu bisa terjadi

suatu hari
ketika kamu tahu, bahwa kamu tidak akan pernah mengerti

suatu hari
dimana semua orang berubah, sesuka hati

suatu hari
ketika kamu ingin pergi, tak perlu punya tujuan, yang penting tak kembali

suatu hari
ketika kamu sudah lelah, tak ingin melangkah, kemudian mati.

Aku Ingin (Sapardi Joko Damono)

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu
kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan
kepada hujan yang menjadikannya tiada