Tuesday, January 28, 2014

Sentilan JGTC 36th

"bibir lu berapa oktaf?"
- pengamat harmonika

"kita mahasiswa, ga boleh nyelak!"
- mahasiswa, di antrian masuk

"bajunya, dibuat dari pecahan kaca tuh"
- fashion geek

"mending gue nonton burgerkill deh, padetnya ga gini2 amat"
- anonymous nyasar genre

"kalo gini caranya, menurut perhitungan gue, kita bakal nyampe jam 7.14"
- ahli nujum

"ngapain nonton raisa ga dari deket, percuma, ga keliatan cakepnya"
-youraisa

"ga ngerti kita bawain lagu apa? siapa suruh nonton jazz!"
-Barry Likumahuwa

"gue kesini mau nonton jazz, bukan pop"
-anak jazz, ga dapet spot nonton raisa

"semua orang kesini mau nonton depapepe kali ya"
- lagi lawan arus masa, bukan fans depapepe

"ini MC begonya luas banget sih!"
- penonton kesel

"gue ampe ketiduran nyender di tembok stage bca"
- penonton anti move on

"kalo cowo berarti the big things he needs ya"
- ruben donny, ga dapet sepatu

"oooh jadi dwiki darmawan yang punya farabi"
- mantan murid farabi, 2 bulan

Cerpen - Penjaga yang Menkutkan

Pada sore hari di kota  Stockholm, Swedia. Seorang gadis bernama Tyree telah diculik oleh seorang pria yang tidak diketahui identitasnya. Penculikan ini terjadi di daerah taman kota. Memang pada saat itu taman kota sangat sepi. Pihak keluarga Tyree melaporkan kejadian ini ke pihak polisi pada esok hari. Polisi pun terus menyelidiki kasus ini, setelah beberapa hari, polisi pun belum menemukan titik terang. Lalu, tiba-tiba ada seorang pria yang melemparkan surat kaleng ke dalam rumah keluarga Tyree yg berisi “PERPUSTAKAAN”. Keluarga Tyree pun bingung dgn kata-kata yg diberikan. Kemudian sang adik Steve mengingat sesuatu tentang perpustakaan. Karna sang kaka mempunyai jadwal rutin untuk pergi ke perpustakaan kota. Jadi,mungkin, keluarga tyree bisa menemukan petunjuk berikutnya di perpustakaan kota. Sesampainya di perpustakaan, sang adik Steve menemukan sebuah shall milik sang kaka dan terdapat sebuah tulisan “TYREE AKAN  KUBUNUH!! JADI,BIARKAN SAJA.RELAKAN SAJA KAKA ATAU ANAKMU ITU MENINGGALKAN KALIAN” pada saat itu juga sang ibu kaget. Keesokan harinya,polisi menemukan titik terang bahwa yang menculik Tyree adalah si penjaga perpustakaan. Memang pada saat keluarga Tyree datang ke perpustakaan sang penjaga perpustakaan bersikap mencurigakan. Steve pun mulai memata-matai gerak-gerik penjaga, diikuti oleh para polisi. Sesampainya di tempat para polisi dan Steve menyebar untuk mengepung si penjaga perpustakkan. Tiba-tiba si penjaga perpustakaan itu sudah menaruh pistol di samping kepala Tyree pada saat penjaga itu ingin menembaknya, si penjaga itu terkena senapan lebih dahulu dari Tyree. Akhirnya, sang penjaga perpustakaan itu langsung tewas seketika  di tempat. Ternyata kejadian ini terjadi karena, Tyree pernah mencoret buku perpustakaan dan membawa kabur buku yang telah dicoretnya itu. Memang Tyree itu suka iseng. Sang penjaga itu pun kesal atas apa yang telah Tyree perbuat, jadi supaya Tyree tidak mengulangi kejadian itu si penjaga perpustakaan ingin membunuhnya. Karena kejadian itu… Tyree pun menjadi trauma dan terganggu kejiwaannya.

oleh : Marsya Djagia

Akses Internet

1. ISDN (Integrated System Digital Network)
ISDN adalah jaringan digital yang memberikan berbagai macam pelayanan jasa telekomunikasi yang berlaku di seluruh dunia, dan merupakan tansisi sistem telepon analog ke sistem digital. ISDN memungkinkan transmisi gabungan semua dan setiap informasi yang mecakup suara, gambar, surat kabar, diagram dan videoconferencing. ISDN diperkenalkan pada tahun 1970 di Eropa. Teknologi ISDN mampu melakukan transfer data hingga kecepatan 128 kbps (kilo bit per second).
2. VSAT (Very Small Aperture Terminal)
Akses internet satelit dapat pula melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal). Konfigurasi VSAT yang banyak dipakai dan diterapkan dalam sistem multimedia adalah berbentuk star. Dalam konfigurasi VSAT ada tiga komponen utama yang dibutuhkan, yaitu :
Stasiun Hub, merupakan hub berbentuk piringan yang besar yang dipasangkan menghadap langsung ke satelit. sebagai pengatur semua lalu lintas atau rute data pada jaringan VSAT. Setiap terminal VSAT lain (piringan kecil) mengirim atau menerima data harus melalui stasiun hub terlebih dahulu.
Satelit, disebut juga dengan transfoder yang merelay sinyal dari terminal satu ke terminal lainnya. Satelit yang umumnya digunakan adalah satelit GEO ( Geostationer Earth Orbiting)
Terminal VSAT, Terminal yang berbentuk piringan dengan ukuran lebih kecil dari statsiun hub. Terminal VSAT ditempatkan pada pelanggan dengan menghadap langsung pada satelit GEO yang digunakan. Bandwitdh besar menggunakan piringan lebih kecil dan sebaliknya bandwidth kecil menggunakan piringan yang lebih besar
Untuk pelanggan VSAT, ada beberapa perangkat yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet, yaitu,
ODU (OutDoor Unit) yaitu transceiver yang diletakkan di luar (OutDoor Unit) dan harus sejajar dengan lintasan satelit yang digunakan.
IDU (InDoor Unit) yang berbentuk seperti router pada umumnya. IDU merupakan peralatan yang digunakan di dalam (InDoor Unit) dan berfungsi sebagai alat interface antara tranceiver dengan peralatan komunikasi seperti PC (Personal Computer).
3. Saluran Kabel Listrik
Selain jaringan dengan satelit VSAT, akses internet dapat dilakukan pula melalui saluran kabel listrik yaitu dengan menumpangkan aliran data. PLN DKI Jakarta sedang mengkaji dan mengujicobakan akses internet dengan aliran data melalui kabel listrik. Pada negara negara maju, penggunaan saluran kabel listrik untuk mengakses internet sudah mulai dimasyarakatkan.


4. Media Wireless
Internet juga dikembangkan untuk media wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan telepon seluler atau telepon genggam (handphone). Protokol yang digunakan disebut dengan WAP (Wireless Application Protocol). WAP merupakan hasil kerjasama antarindustri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard) yang berbasis pada standar internet. WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9,6 kbps. Selain WAP, dikembangkan pula teknologi GPRS(General Packet Radio Service) yang memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan WAP yaitu hingga 115 kbps dengan dukungan aplikasi grafis dan multimedia. Saat ini, terdapat teknologi 3G (Third Generation) pada telepon selular berbasis CDMA (Code Division Multiple Access), dimana 3G memiliki kecepatan transfer data hingga 230 kbps.

Perangkat Sambungan Internet

1. Router
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalu i sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
* static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan. *dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.
2. Kartu Jaringan
Kartu Jaringan (network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringa n komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
3. Webcam
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui Worl d Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah “webcam” juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini. Ada berbagai macam merek webcam, diantaranya LogiTech, SunFlowwer, dan sebagainya. Webcam biasanya berresolusi sebesar 352×288 / 640×480 piksel. Namun ada yang kualitasnya hingga 1 Megapiksel. Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai kamera web (webcam).





4. Bridge Jaringan
Bridge jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP). Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya. Terdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai:Bridge Lokal: sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.Bridge Remote: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network. Bridge Nirkabel: sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.
5. Modem
Modem terbagi atas:1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital2. Modem ADSL3. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel4. Modem CDMA5. Modem 3GP6. Modem GSM
Berdasarkan proses kerjanya, modem dibagi menjadi dua yaitu hardware modem dan software modem. Hardware modem adalah modem yang bekerja menggunakan chip khusus untuk menangani fungsi komunikasi data, sedangkan pada software modem pekerjaan dilakukan oleh sebuah program driver.
Penggunaan software modem akan membebani kerja CPU, untuk itu diperlukan komputer dengan processor yang memiliki kecepatan tinggi misalnya Pentium 4. Umumnya, modem dial up yang dijual adalah modem berbasis software dimana harganya lebih murah dibandingkan hardware modem.

Konfigurasi Sebuah Sambungan ke Internet

Secara umum ada 2 cara untuk dapat tersambung ke Internet, yaitu melalui sambungan perorangan dan melalui sambungan perkantoran. Sambungan perorangan (home user) biasanya digunakan di rumah atau kantor menggunakan satu buah komputer saja. Sambungan perkantoran/kampus (corporate user) biasanya berupa sekumpulan komputer yang terkait dalam sebuah jaringan lokal (biasa di sebut Local Area Network/LAN) yang tersambung pada kecepatan tinggi ke Internet. Dari sisi peralatan, konfigurasi sambungan tersebut adalah,
1. Home user: Komputer – modem – Internet.
2. Corporate user: Banyak Komputer – Router – Modem – Internet.
-Beberapa ciri khas sambungan home user ke Internet, yaitu:
● Hanya ada satu buah komputer yang tersambung.
● Tidak beroperasi 24 jam penuh dalam satu hari.
● Teknik akses ini relatif mahal harganya, terutama untuk membayar pulsa
-Beberapa ciri khas sambungan corporate user ke Internet, yaitu:
● Menggunakan modem ADSL atau Speedy.
● Menggunakan Wireless Internet.
● Menggunakan Satelit atau VSAT.
● Banyak komputer tersambung sekaligus ke sebuah sambungan Internet.
● Proses pemakaian bersama satu sambungan Internet bagi banyak komputer biasanya di bantu menggunakan router.
● Sebagian sambungan beroperasi 24 jam sehari.
Notasi Kecepatan Data
Beberapa notasi yang sering digunakan1000 bit/detik = 1 kilo bps = 1 Kbps1000000 bit/detik = 1 mega bps = 1 Mbps100000000 bit/detik = 1 giga bps = 1 GbpsNotasi lain yang sering digunakan untuk mengukur kecepatan transfer data biasanya ditulis dalam jumlah Byte per detik, atau biasanya di sebut “Byte per second” atau “Bps”. Perhatikan pada Byte digunakan huruf besar. Hubungan antara bit dengan Byte adalah1 Byte = 8 bithubungan berikut biasanya digunakan antara Byte dengan bit1 Kbps = 8 Kbps Mbps = 8 MbpsNotasi Bps, KBps atau MBps sering kita dapati pada saat kita melakukan evaluasi proses pengiriman data atau pengiriman file/berkas dari jaringan atau Internet.

Pengertian Logika, Argumen Relasional, dan Common Fallicies.

•    Logika adalah suatu upaya berpikir secara cermat dan tepat mengenai berbagai argumen yang hendak dikemukakan seseorang. Logika juga dapat digunakan untuk menganalisis atau menguji argumen -argumen orang lain
•    Common Fallacies adalah elemen didalam argumen yang mengacaukan logika berfikir sehingga mengakibatkan suatu diskusi atau perdebatan menjadi tak obyektif dan tak sah secara keseluruhan.
•    Argumen Relasional adalah Operator relasional yang digunakan untuk mmbandingkan 2 atau lebih objek. Java sendiri menyediakan enam operator relasional, seperti : lebih besar dari (>), kurang dari (<), lebih besar dari atau sama (>=), kurang dari atau sama (<=), (==), sama dan tidak sama (!=).
Semua operator relasional adalah operator biner, dan operan mereka ekspresi numerik. Numerik biner diterapkan pada operan dari operator, Hasil evaluasi dalam nilai boolean. Operator relasional memiliki awalan lebih rendah dari operator aritmatika, tetapi lebih tinggi dari operator penugasan.
jadi, intinya Argumen Relasional digunakan untuk mencari nilai kebenaran.
Fallacy adalah elemen didalam argumen yang mengacaukan logika berfikirsehingga mengakibatkan suatu diskusi atau perdebatan menjadi tak obyektif dan tak sah secara keseluruhan.
Dialog ringan :
Dodol : "2 + 3 = 10"
Bedu : "Dodol , anda tidak rasional banget ...2 + 3 adalah 5 tauuu.."
- Dodol dan Bedu sama-sama salah , hasil berhitung Dodol jelas salah, pendapat bedu bahwa Dodol tidak rasional juga salah . Karena Dodol melakukan tindakan yang rasional ,yaitu berhitung, hanya saja rasionalitas dodol menghasilkan output logika yang salah.

Contoh sebuah pernyataan berikut:

Menyebarkan berita kebohongan yang merugikan orang lain adalah pelanggaran yang akan di kenai sangsi undang-undang pencemaran nama baik.
Si A membuat pernyataan di surat kabar "para pekerja buruh di Indonesia sangat buruk kelakuannya jika menyampaikan aspirasi cenderung menggunakan emosi dibanding akal sehat"
Menurut anda apa solusi terbaik mengatasi kelakuan para buruh tersebut ?
Jawab : Anda (si A) telah sembarangan menuduh tanpa bukti yang jelas, dan anda bisa dikenai undang-undang pencemaran nama baik.


Contoh pernyataan serta argumen di atas tentu saja salah, baik yang membuat pernyataan maupun yang menjawab:
- Kata "...cenderung menggunakan emosi dibanding akal sehat" adalah tidak rasional , karena menggunakan emosi bukan berarti akalnya tidak sehat , yang relevan adalah "cenderung menggunakan emosi dibanding kepala dingin" atau "cenderung menggunakan cara emosional"
- Argumen bahwa si A merupakan tidnakan pencemaran nama baik juga salah dan tidak rasional, karena obyek hukum dari UU pencemaran nama baik dalah orang / manusia sedangkan pernyataan "para pekerja buruh indonesia" bukan suatu obyek hukum.

Uraian diatas itulah yang dimaksud dengan fallacy, yaitu komponen dalam argumen atau pernyataan yang membuat logika jadi kacau balau sehingga seluruh perdebatan menjadi tidak sah. Memang menganalisa fallacy dan menemukannya dalam esai argumentasi bisa merupakan sesuatu yang sederhana dan mudah, tapi bisa juga bukan sesuatu yang mudah, tergantung obyek yang terkandung dalam diskusi. sebab fallacy sering kali bersembunyi dalam tumpukan poin-poin dalih yang mengaburkan hubungan logis dengan pernyataan yang timbul. Kadang fallacy tidak langsung terlihat pada pandangan/pengenalan pertama, dengan begitu fallacy dapat dengan mudah mengaduk-aduk serta mencuri emosi/ kelemahan intelektual audiens /khalayak/pembaca.

Kegunaan Komputer dalam Industri

Bidang Industri dan Manufaktur
Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dalam proses produksi. Komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control process), jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan sistem manual atau dijalankan manusia.

Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),  CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya.

Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi
Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer. Mengendalikan mesin-mesin produksi dengan kecepatan tinggi.

Bidang industri otomotif berfungsi untuk melaksanakan tugas tertentu dalam jalur  perakitan otomatis. Karena komputer memiliki kemampuan & ketelitian yangtinggi, serta dapat digunakan secara otomatis.

Contoh Kejahatan di Bidang Komputer

1. Password Cracking
Definisi
Password cracking adalah istilah umum yang menggambarkan sekelompok teknik yang digunakan untuk memperoleh password pada sebuah sistem data. Password cracking khusus mengacu pada proses mendapatkan password dari data yang yang dilindungi dengan password; namun harus dicatat bahwa cara-cara menipu seseorang agar memberi password, seperti melalui phishing, tidak dianggap sebagai password cracking. Menebak password berdasarkan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya dari pemilik sistem komputer dianggap cracking, karena password tidak dikenal sebelumnya.
Seorang hacker diartikan sebagai seseorang yang memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap teknologi komputer; bukan didefinisikan sebagai seseorang yang ingin melakukan kerusakan. Sedangkan istilah “Penyerang” biasanya digunakan untuk menggambarkan seorang “hacker” perusak. Istilah lain dari Penyerang adalah “black hat”. Para analis keamanan seringkali disebut sebagai “white hat” dan analisa white-hat merupakan hacking dengan tujuan pertahanan.
Cara termudah password cracking adalah menemukan secarik kertas yang bertuliskan password yang diletakkan pada monitor atau disembunyikan dibawah keyboard. Teknik umum lainnya adalah “dumpster diving”, yaitu seorang Penyerang yang mengais keranjang sampah untuk menemukan sampah dokumen yang mungkin berisikan password.
Berikut adalah beberapa teknik umum yang digunakan dalam password cracking:
 Serangan Dictionary
Sebuah serangan yang merupakan cara tercepat dan terbaik dalam melumpuhkan mesin. Sebuah file dictionary (sebuah file teks yang berisi kamus password) diload pada aplikasi cracking (seperti L0phtCrack), yang dijalankan terhadap user account yang ditemukan oleh aplikasi tersebut. Karena sebagai besar password seringkali tergolong sederhana, menjalankan sebuah dictionary attack seringkali cukup membantu.
Berikut adalah beberapa teknik Contoh umum yang digunakan dalam password cracking Berikut Penjelasanya:
Serangan Dictionary
Sebuah serangan yang merupakan cara tercepat dan terbaik dalam melumpuhkan mesin. Sebuah file dictionary (sebuah file teks yang berisi kamus password) diload pada aplikasi cracking (seperti L0phtCrack), yang dijalankan terhadap user account yang ditemukan oleh aplikasi tersebut. Karena sebagai besar password seringkali tergolong sederhana, menjalankan sebuah dictionary attack seringkali cukup membantu.


Serangan Hybrid
Bentuk serangan lainnya yang terkenal adalah serangan “HYBRID”. Sebuah serangan hybrid akan menambahkan angka atau simbol terhadap nama file untuk keberhasilan meng-crack password. Pola yang digunakan biasanya berbentuk: first month password is “cat”; second month password is “cat1”; third month password is “cat2”; dan seterusnya.
 Contoh Kasus-Kasus password cracking
1. Pencurian dan penggunaan account Internet milik orang lain
Salah satu kesulitan dari sebuah ISP (Internet Service Provider) adalah adanya account pelanggan mereka yang “dicuri” dan digunakan secara tidak sah. Berbeda dengan pencurian yang dilakukan secara fisik, “pencurian” account cukup menangkap “userid” dan “password” saja. Hanya informasi yang dicuri. Sementara itu orang yang kecurian tidak merasakan hilangnya “benda” yang dicuri. Pencurian baru terasa efeknya jika informasi ini digunakan oleh yang tidak berhak. Akibat dari pencurian ini, penggunan dibebani biaya penggunaan acocunt tersebut. Kasus ini banyak terjadi di ISP. Namun yang pernah diangkat adalah penggunaan account curian oleh dua Warnet di Bandung.

2. Membajak situs web
Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh cracker adalah mengubah halaman web, yang dikenal dengan istilah deface. Pembajakan dapat dilakukan dengan mengeksploitasi lubang keamanan. Sekitar 4 bulan yang lalu, statistik di Indonesia menunjukkan satu (1) situs web dibajak setiap harinya.
Penanggulangan
1. Jika halaman anda terinfeksi virus yang memiliki kemungkinan virus tersebut bisa menyerang pengunjung situs anda, maka segera lindungi pengunjung anda dan juga reputasi anda. Yaitu dengan membuat website anda berstatus offline. Bisa dengan menambahkan beberapa baris kode pada .htaccess, maupun mengupload tampilan halaman under construction. Jika anda melakukannya dengan segera, anda memiliki kemungkinan untuk menghindarkan situs anda mendapat predikat “This site may harm your computer” dari Google. Selain itu, penyerang biasanya telah menginstal backdoor script pada halaman index anda yang memungkinkan mereka untuk kembali ke server anda. Menetapkan status offline pada situs anda sementara, sedikitnya memiliki kemungkinan untuk mengunci dan membuat penyerang tidak bisa masuk melalui backdoor yang telah diinstal.

2. Ganti semua password anda
Setelah PC administrator bebas dari virus dan spyware, gantilah semua password yang berhubungan dengan situs anda. Panel kontrol, FTP, koneksi database, email akun, dan halaman administrator anda. Pergunakan kombinasi password yang kuat. Yaitu password yang tidak mudah ditembus karena mengandung kombinasi kata, angka, dan karakter yang rumit.

3. Cek kode PHP anda untuk menemukan lubang security
Jika anda mencurigai bahwa script yang anda tulis sendiri mungkin saja memiliki kerentanan sekuriti, cara teraman adalah dengan berhenti mempergunakan script tersebut hingga anda telah memeriksanya dengan sangat teliti. Setelah membuat kopian lokal untuk anda sendiri, hapus scriptnya dari server. Karena selama script masih ada di dalamnya, setiap orang yang telah mengetahui letak lubang sekuritinya tetap bisa mengakses dan mengeksploitasinya.

4.  Lakukan Maintence Rutin dan pengecekan data base , agar terhindar dari hal hal yang   tidak di inginkan

.Gunakan Security Software yang Up to Date Untuk terhidar dari password cracking
2. Round Down
Definisi
Teknik ini merupakan bagian program yang akan membulatkan nilai pecahan ke dalam nilai bulat dan mengumpulkan nilai-nilai pecahan yang dibulatkan tersebut.
Contoh Kasus
Bila diterapkan di bank misalnya, pemrogram dapat membulatkan ke bawah semua biaya bunga yang dibayarkan ke nasabah, dan memasukkan pecahan yang dibulatkan tersebut ke rekeningnya.
3. Piggybacking
Definisi :
Piggybacking : menumpang koneksi internet wireless milik orang lain tanpa diketahui oleh si pemilik koneksi tersebut.
Contoh Kasus :
Mengambil koneksi internet WIFI tanpa ijin pemilik, seperti di tempat restoran sekarang bisa menggunakan fasilitas WIFI yang di khususkan untuk pelanggan tersebut, tapi ada si pelaku piggybacking menggunakan akses internet WIFI tersebut tanpa harus jadi pelanggan tersebut,
Ada penyebab mengapa terjadi piggybacking
Biaya koneksi internet. Banyak orang yang tidak mampu membayar biaya internet bulanan di rumah mereka, atau menganggap biaya tersebut terlalu mahal untuk mereka yang menggunakan internet hanya sesekali.
Ketidaktahuan. Mereka tidak tahu kalau mereka sedang menumpang internet milik orang lain, atau menganggap hal tersebut bukanlah masalah besar.
Menyembunyikan aktivitas ilegal. Hal ini merupakan alasan utama mengapa piggybacking dianggap berbahaya, karena orang yang berniat jahat dapat melakukan aktivitas ilegal seperti mengunduh porgnografi atau terlibat dalam pencurian identitas dengan menggunakan jaringan orang lain sehingga dirinya tidak akan ketahuan.
Penanggulangan :
Wired Equivalent Privacy (WEP), dapat digunakan di banyak access point tanpa pengaturan yang rumit, tetapi memiliki kelemahan yaitu kode akses yang mudah dipecah dan melemahkan kecepatan jaringan.
Wi-Fi Protected Access (WPA), setelah melakukan update firmware. WAP merupakan pengamanan yang lebih baru daripada WEP.
Memasang password pada router.
Mengubah nama SSID Network.
Otentikasi MAC Address, sehingga hanya mengijinkan komputer dengan MAC Address yang telah terdaftar untuk menggunakan koneksi.
Dan pengamanan lainnya.
4. Scavenging
Scavenging yaitu penetrasi ke sistem komputer dengan memperoleh identitas dan password dari mencari di dokumen-dokumen perusahaan.
Data identitas dan password diperoleh dari beberapa cara mulai dari mencari dokumen di tempat sampah sampai dengan mencarinya di memori-memori komputer.
5. Salami Slicing
Merupakan bagian program yang memotong sebagian kecil dari nilai transaksi yang besar dan menggumpulkan potongan-potongan ini dalam suatu periode tertentu.
Misalnya suatu akuntan di suatu perusahaan di California menaikkan sedikit secara sistematik biaya-biaya produksi. Bagian-bagian yang dinaikkan ini kemudian dikumpulkan selama periode tertentu dan diambil oleh akuntan tersebut.

Mencegah dan Mendeteksi Penipuan Komputer
• Membuat standar tertentu dapat secara signifikan mengurangi potensi terjadinya penipuan dan kerugian yang dapat dihasilkannya
– Membuat penipuan lebih jarang terjadi
– Meningkatkan kesulitan untuk melakukan penipuan
– Memperbaiki metode deteksi
– Mengurangi kerugian akibat penipuan
– Menuntut dan memenjarakan pelaku penipuan

Membuat Penipuan Lebih Jarang Terjadi.
Menggunakan praktik mempekerjakan dan memecat pegawai yang semestinya.
Mengatur para pegawai yang merasa tidak puas.
Melatih para pegawai mengenai standar keamanan dan pencegahan terhadap penipuan.
Mengelola dan menelusuri lisensi software.
Meminta menandatangani perjanjian kerahasiaan kerja.

Meningkatkan Kesulitan untuk Melakukan Penipuan.
Mengembangkan sistem pengendalian internal yang kuat.
Memisahkan tugas.
Meminta pegawai mengambil cuti dan melakukan rotasi pekerjaan.Membatasi akses ke perlengkapan komputer dan file data.
Mengenkripsi data dan program.

Memperbaiki Metode Deteksi.
Mengamankan saluran telepon dan sistem dari virus.
Mengendalikan data yang sensitif.
Mengendalikan komputer laptop.
Mengawasi informasi hacker

Mengurangi kerugian akibat penipuan.
Tetap menggunakan jaminan asuransi yang memadai.
Menyimpan salinan cadangan program dan file data di dalam lokasi luar kantor yang aman.
Mengembangkan rencana kontinjensi dalam hal kejadian penipuan.
Menggunakan software untuk mengawasi kegiatan sistem dan untuk memulihkan diri dari akibat penipuan.
Menuntut dan Memenjarakan Pelaku Penipuan.
Sebagian besar penipuan tidak dilaporkan dan tidak dituntut untuk beberapa alasan di bawah ini?
Banyak kasus penipuan yang belum terdeteksi.
Perusahaan segan melaporkan kejahatan komputer.
Petugas penegak hukum dan pengadilan sibuk sekali dengan kejahatan kekerasan, sehingga mereka hanya punya waktu sedikit untuk kasus penipuan yang tidak mengandung kekerasan fisik.
Penipuan adalah hal yang sulit, berbiaya mahal,dan memakan waktu lama untuk diselidiki dan dituntut.
Banyak petugas penegak hukum, pengacara dan para hakim kurang memiliki keahlian komputer yang dibutuhkan untuk menyelidiki, menuntut, dan mengevaluasi kejahatan komputer.

2012, 2013, 2014 (Part III)

kenapa gue ga mau tahun 2014 ini kaya tahun 2013?
apa karena 13 angka sial?
apa karena tahun itu alis gue udah ga bawa rejeki?
bukan.

sebenarnya 2013 ini tahun yang seru juga, ga segitunya anti banget juga sih, banyak hal yang baru pertama kali gue lakuin, atau baru pertama kali terjadi selama 19 tahun hidup gue, gue alamin di tahun 2013! mostly ga menyenangkan, tapi gue ga mau nyebut tahun ini tahun sial, gue lebih suka menyebutnya tahun pembelajaran..

di awal tahun 2013, gue udah lumayan dikejutkan dengan terpilihnya gue sebagai pemimpin departemen pelayanan anak-anak di gereja, yang notabene baru pertama kali sepanjang sejarah gereja advent bogor berdiri dipimpin oleh anak semuda gue, 19 tahun. gimana ga bikin terkejut kan, namanya depertemen anak-anak, masa dipimpin sama anak-anak juga? gimana caranya ngedidik anak-anak sementara gue sendiri masih harus dididik? itu lah pertanyaan besar gue sejak pertama kali dipilih..sampai akhirnya gue terima tugas pelayanan itu, dan benar saja menyita waktu, pikiran, bolos kuliah, tenaga, dan hati..but overall gue senang, pengalaman hebat yang ga akan gue dapetin dimana pun..dan ga ada rasa penyesalan sama sekali..
oia, di pertengahan taun gue juga ambruk, akhirnya harus di opname deh 5 hari..katanya sih ini akumulasi dari segudang kesibukan tadi, fyi aja sih terakhir kali gue dirawat di RS pas masih SMP apa SD gitu deh..

apakah itu?yang seumur hidup gue ga pernah gue lakuin, dan gue lakuin di 2013? nangis. nangis di depan umum. nangis berhari-hari. nangis sampai kebawa ngigo. nangis sampe cape. nangis sampe sakit. semuanya terjadi di tahun 2013..sumpah, itu masa-masa paling pathetic seumur-umur! mulai dari nangis karena sepupu deket gue dari kecil, si brengki Naldo Joseph mau lanjutin kuliah ke Seattle, sampe kasus video gue buat dia yang lupa dimasukin sama sepupu deket gue yang lain lagi, dan terakhir kasus gue maki-maki orang di depan umum, semuanya itu istilahnya bukan Cindy banget deh..ga akan diceritain lebih lanjut, karena entar gue nangis lagi..haha

ya, itu adalah sedikit cerita dari banyak cerita menyedihkan gue di 2013..mungkin karena terlalu sakit hati kali ya, sampe-sampe semua kebahagiaan di tahun itu ketutup, dan buat gue trauma ga mau lagi ngalamin masa-masa 2013 itu, padahal di tahun 2013 gue di follow back Echa tanpa diminta, di penghujung minggu gue nangis berhari-hari itu juga dipertemukan sama Echa, bukan cuma foto, tapi ngobrol juga! di tahun ini gue akhirnya bisa nonton Kulkul sama BLP live!
selain itu, sebenernya gue ga pernah sendiri ngadepin itu semua, sahabat-sahabat gue baik banget, mereka selalu bisa bikin gue ngakak lagi, bergila-gila lagi, dan tetep ga lepas perhatiin gue, bersyukur banget punya sahabat gila kaya kalian! i love you to the fullest guys :*

karena itu lah gue ga mau sebut tahun 2013 ini tahun sial, walaupun emang kenyataannya kaya kebalikan dari tahun 2012 yang penuh rejeki itu ya, walaupun sampe sekarang gue masih ga abis pikir sama apa yang pernah terjadi itu, baik dari orang maupun gue sendiri. tapi dibalik semua itu gue belajar banyak hal, juga (harusnya) ngajarin banyak hal buat orang lain..pembelajaran berharga yang ga akan pernah gue lupain seumur hidup, yang (tetap) gue harap ga akan gue alamin lagi..trauma.

Monday, January 27, 2014

2012, 2013, 2014 (Part II)

kalo tahun 2014 ini ga dijalanin dengan resolusi terus dengan apa dong?
dengan doa.
oh pleaseee, ini harusnya jawaban yang ga usah disebutin lagi ya, karena istilahnya udah 'default'nya begitu..
dengan harapan.
yang ini penting. gue punya harapan kalo 2014 bisa sama kaya tahun 2012, dan ga mau kaya 2013.
kenapa?
mari kita flashback sejenak..


suatu hari di awal tahun 2012, nyokap gue kebetulan ga sengaja nonton acara feng shui gitu di tv..katanya, tahun 2012 yang punya alis bentuknya kaya gue bakal banyak rejeki. emang bentuk alis gue se-istimewa apa sih? oke. jadi alis gue itu setengah botak, dan agak-agak menukik tajam gitu kalo dahinya mengkerut, ya intinya begitu lah ya..kalo mau lebih jelas ya pandangin aja muka gue lekat-lekat kalo ketemu..hehe
ya tentu saja gue ga percaya terus langsung bikin pesta besar-besaran karena tau pasti bakal dapet rejeki ya. gue cuma iya-iya aja, dan nyokap gue juga yang kaya cuma fyi aja gitu..dan cerita tentang feng shui alis rejeki ini juga ga diinget-inget lagi sepanjang tahun itu.
tapi ternyata tahun 2012 itu memang tahun penuh rejeki buat gue, gimana enggak?? yang namanya duit jatoh dari langit bener-bener nyata jatoh di tangan gue! tahun 2012 gue dapet pacar, dan di tahun 2012 juga gue magang kerja terus gajinya buat dipake beli hp..dan ini semua menyenangkan sekali!

gue ceritain nih yang paling bikin gue amaze banget sebanget-bangetnya!! gue kejatohan duit coy!..literally..ini seriusan..jadi ceritanya lagi mau ambil uang di atm, lalu ternyata mesinnya erorr gitu, kartu gue ga keluar ada kali 1 menit, gue mulai panik dong, layarnya nge-blank, dan akhirnya keluar kartunya..beserta..uang..1.250.000!!! jelas aja itu bukan jumlah uang yang mau gue ambil lah, tabungan gue ga nyampe nilai segitu, kaget?tentu saja!..gue bingung, ini uang mau diapain? dikembaliin juga kembaliin ke mana?itu duit siapa? dengan masih terheran-heran gue datengin bokap gue dan ceritain semua, dan akhirnya kita sepakat, kalau uang itu datangnya dari Tuhan :,) karena jujur saja keluarga gue juga memang lagi butuh uang..
dengan uang itu, gue bisa ngebiayain ade gue study tour, nambahin ongkos nyokap sehari-hari ke kantor, dan...nonton java jazz!!! terkesan selfish sih...tapi menurut gue ini termasuk salah satu rencana Tuhan ngasih duit itu ke gue..kenapa? karena emang sebelum kejatohan duit ini emang udah pengen banget mau nonton, ada yang jual tiket dibawah harga soalnya, tapi tetep aja mahal buat gue sih..tapi ternyata dapet uang, terus tiketnya masih ada, dan sahabat gue tercinta nci Edira Putri mau nemenin gue..and you know guys??di java jazz pertama gue itu lah untuk pertama kalinya juga gue dipertemukan dengan Echa Soemantri drummer favorit gue sepanjang masa! masih kebayang banget deh gimana senengnya hari itu..ditambah sebelumnya gue juga menang kuis, yang hadiahnya kaos java jazz limited edition! lengkap sudah kebahagiaan gue :D

dan di tahun itu juga gue punya pacar..hehehe walaupun ga berlangsung lama tapi itu juga termasuk masa yang menyenangkan buat gue karena itu pacar pertama gue :)
yang ga kalah seru lagi adalah ketika gue magang di Tripatra, masih dalam grup perusahaan nyokap sih..lingkungannya menyenangkan, orang-orangnya juga..termasuk bosnya yang katanya 'killer' tapi sama gue dia baik-baik aja malah banyak ngajarin gue..dikelilingi orang-orang IT yang cerdas dan hi-Tech, banyak banget pelajaran bagus yang bisa gue dapet dari mereka..yang bapak-bapak, ibu-ibu nganggep gue udah kaya anak sendiri, yang muda-muda nganggep gue kaya adenya..pokoknya asik deh! dan bahkan ternyata sampe sekarang gue masih meninggalkan kesan yang baik banget di mata mereka, dan masih terus nanyain kabar gue sampe sekarang..

itu baru rejeki yang besar-besar..ga keitung lagi buat yang kecil-kecil, yang turut melengkapi tahun 2012 gue menjadi sangat amat menyenangkan!
lalu? semua ini karena alis pembawa rejeki? bukan. selama tahun itu gue ga ada sama sekali keinget masalah alis, apalagi jadi suggest, gue tekankan sekali lagi ini bukan karena itu..gue sangat amat mempercayai semua kebaikan di tahun 2012 itu memang datangnya dari Tuhan..itu semua berkat Tuhan, yang buat gue terkaget-kaget saking limpahnya..dan buat gue selalu inget kalo ga akan ada yang mustahil bagi Dia.
percaya aja..gue pernah kejatohan uang dari langit!


Laporan Penelitian Ilmiah



BAB I


PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah


Setiap manusia pasti belajar, baik itu dari pendidikan sehari-hari, atau pendidikan formal seperti sekolah. Di dalam sekolah belajar mengajar pada dasarnya merupakan proses interaksi edukatif antara guru dan siswa. Tujuan dari interaksi edukatif tersebut meliputi tiga aspek, yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mencapai tujuan secara baik, diperlukan peran maksimal dari seorang guru, baik dalam penyampai materi, penggunaan metode, pengelolaan kelas dan sebagainya. Selain itu, diharapkan kepada guru untuk lebih kreatif untuk melakukan kegiatan pendukung pembelajaran didialam kelas salah satu kegiatan pendukung yang dimaksud adalah kegiatan ekstrakurikuler.


Kegiatan ekstrakurikuler merupakan “kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran”. Kegiatan ekstrakurikuler ini dapat dilakukan disekolah maupun diluar sekolah tergantung dengan kebutuhan dan kesesuaian jenis kegiatan ekstrakurikuler.


Khusus untuk mata pelajaran bahasa inggris, jenis kegiatan ekstrakurikuler yang sering dilaksanakan disekolah maupun diluar sekolah yaitu ekstrakurikuler debat bahasa inggris, pembaca berita, menulis, dsb


Dari paparan singkat diatas bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa, termasuk kegiatan yang dapat menunjang aktivitas belajar siswa dikelas. Dugaan ini terbukti dari hasil prasurvey yang peneliti lakukan di SMA Y tersebut. Dari prasurvey tersebut, peneliti menemukan sebagian siswa yang sering mengikuti kegiatan OSIS, perdebatan bahasa inggris, laboratorium bahasa, dan sebagainya juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar di kelas.


B. Identifikasi masalah


Merujuk pada Latar belakang maslah di atas maka dapat di identifikasi beberapa masalah yang berkaitan dengan latar belakang diatas :


1. Apakah ada pengaruh terhadap perstasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris?


2. Apakah terdapat hubungan antara kegiatan Ekstarkulikuler debat bahasa inggris pada prestasi belajar Siswa?


C. Pembatasan Masalah


Karena keterbatsan dari segi waktu, kesempatan dan kemampuan saya, maka penilitian ini hanya membahas tentang pengaruh dan hubungan antara kegiatan ekstrakulikuler bahasa inggris dengan prestasi belajar sisiwa kelas X SMA Y di kota tebing tinggi.


D. Rumusan Masalah


Berdasarkan uraian dan prasurvey diatas, maka dapat dirumuskan permasalahannya dalam penelitian diatas sebagai berikut:


1. Bagaimana Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris Siswa Kelas sepuluh pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y ?


2. Bagaimana Aktivitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y ?


3. Apakan terdapat Pengaruh yang Signifikant antara Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y ?


E. Tujuan Dan Kegunaan Penelitian


a) Tujuan Penelitian


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y. Namun secara spesifik tujuan penelitian ini bertujuan umtuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang:


1. Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y.


2. Aktivitas belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA Y.


3. Pengaruh yang signifikan antara kegiatan terhadap aktivitas belajar siswa kelas X pada mata pelajara bahasa inggris di SMA Y.


b) Kegunaan Penelitian


Adapun manfaat penelitian ini dapat peneliti rangkum kedalalam 2 bagian yaitu:


1. Manfaat Praktis


1.1. Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan terutama dikaitkan dengan hal-hal yang mempengaruhi keberhasilan belajar anak.


1.2. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka penyempurnaan konsep maupun implementasi praktek pendidikan sebagai upaya yang strategis dalam pengembangan kualitas sumberdaya manusia.


2. Manfaat Teoritis


2.1. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan yang bermanfaat bagi guru bahasa inggris sebagai bahan evaluasi sekaligus sebagai masukan dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mempengaruhi secara positif terhadap aktivitas belajar siswa di kelas.






BAB II


LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS


A. Kerangka Teori


1. Kegiatan Ekstrakurikuler


a. Pengertian Ekstrakurikuler bahasa inggris.


Kegiatan ekstrakurikuler adalah “kegiatan yang dilakukan siswa dan siswi sekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik


Adapun pengertian debat bahasa inggris adalah “usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam berbicara, memahami, menghayati dan mempraktekan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan dengan memperhatikan aturan untuk menyadari bahwa bahasa inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan didunia” dan bertujuan Mengembangkan keterampilan dalam komunikasi berbahasa Inggris secara lisan,Keterampilan berargumentasi dalam bahasa Inggris.


Berdasarkan pebgertian diatas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris adalah kegiatan tambahan yang dilaksankan diluar jam tambahan biasa dengan tujuan agar kegiatan tambhan tersebut dapat membantu siswa dalam memahami bahasa inggris dengan baik.


b. Prinsip-prinsip Program Ekstrakurikuler


Dengan berpedoman pada maksud dan tujuan kegiatan ekstrakurikuler disekolah maka dapat dikemukakan prinsip-prinsip kegiatan ekstrakurikuler. prinsip kegiatan ekstrakurikuler adalah sebagai berikut:


1. Semua siswa, guru dan personil administrasi sekolah hendaknya ikut serta dalam usaha meningkatkan program.


2. Kerjasama dalam team adalah fundamental.


3. Perbuatan untuk partisipasi hendaknya dibatasi.


4. Proses lebih penting daripada hasil.


5. Program hendaknya memperhitungkan kebutuhan khusus sekolah.


6. Dilaksanakan pada waktu di luar jam belajar siswa di kelas.


2. Aktivitas Belajar Siswa


a. Pengertian Aktivitas Belajar Siswa


Aktivitas belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan perubhan pengetahuan-pengetahua, nilai-nilai sikap, dan keterampilan pada siswa sebagai latihan yang dilaksanakan secara sengaja.


b. Jenis Aktivitas Belajar Siswa


Berdasarkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip diatas, diharapkan kepada guru untuk dapat mengembangkan aktivitas siswa. Diatas jenis-jenis aktivitas yang dimaksud dapat digolongkan menjadi:


1) Visual Activities, yaitu segala kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas siswa dalam melihat, mengamat, dan memperhatikan.


2) Oral Activities, yaitu aktivitas yang berhubungan dengan kemampuan siswa dalam mengucapkan dan berfikir.


3) Listening Aktivities, aktivitas yang berhubungan dengan kemampuan siswa dalam berkonsentrasi menyimak pelajaran.


4) Motor Activities, yakni segala keterampilan jasmani siswa untuk mengekspresikan bakat yang dimilikinya.


B. Kerangka Berfikir


Berdasarkan gambar diatas maka akan diketahui apakah ada pengaruh yang ditimbulkan kegiatan ekstrakurikuler mata pelajaran bahasa inggris(variabel x), terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris (variabel y). Lalu denagn diketahui pengaruhnya sehingga memungkinkan kemudahan bagi guru untuk menyusun rencana kerja yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler tersebut.


C. Penelitian Yang Relevan


Sebelum melakukan penelitian ini, peneliti telah menelusuri beberapa hasil penelitian terdahulu yang memiliki keterkaitan dengan penenlitian yang peneliti lakukan ini. Dari beberapa contoh judul penelitian terdahulu memang memiliki keterkaitan dari segi masalah yaitu mencari tau tentang hubungan dan pengaruh akan tetapi objek dan sasarannya yang berbeda. Oleh karena itu peneliti memilih masalah tentang Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler pada aktivitas belajar siswa SMA Y kota tebing tinggi kelas X.


D. Hipotesis Penelitian


Dari arti katanya, hipotesis berasal dari 2 penggalan kata, “hypo” yang artinya di bawah dan “thesa” yang artinya kebenaran. Peneliti mendalami permasalahan dengan seksama dan mensurvei teori (literatur/sumber referensi/kepustakaan), kemudian membuat hipotesis yang masih harus dibuktikan/diuji kebenarannya (di bawah kebenaran). Inilah hipotesis, peneliti harus berpikir hipotesisnya dapat diuji sehingga naik statusnya menjadi thesa atau sebaliknya tetap menjadi hipotesis.


Sugiyono (2008:96) menyatakan hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, di mana rumusan masalah telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Dikatakan sementara karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori yang relevan, belum didasarkan fakta-fakta empiris.


Dalam Ruseffendi (2005:23), hipotesis adalah penjelasan atau jawaban tentatif (sementara) tentang tingkah laku, fenomena (gejala), atau kejadian yang akan terjadi; bisa juga mengenai kejadian yang sedang terjadi. Jadi, hipotesis juga dapat dinyatakan sebagai jawaban teoritis sementara terhadap rumusan masalah penelitian, belum jawaban yang empirik dengan data.


Hipotesis termasuk dalam langkah penelitian, tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua penelitian harus merumuskan hipotesis. Penelitian yang bersifat eksploratif dan deskriptif sering tidak perlu merumuskan hipotesis.


G.E.R brurrough (Arikunto, 2010:112) mengatakan bahwa penelitian berhipotesis penting dilakukan bagi :


1. Penelitian menghitung banyaknya sesuatu


2. Penelitian tentang perbedaan


3. Penelitian hubungan.


BAB III


METODOLOGI PENELITIAN


A. Sasaran, Waktu dan Lokasi Penelitian


Yang menjadi sasaran pada penelitian ini adalah sisiwa SMA Y kelas X kota tebing tinggi, alasan memilih SMA Y kelas X kota tebing tinggi dikarenakan faktor lokasi dan keadaan dimana penelitia merasa perlu melakukan penelitian ini.


B. Metodologi Penelitian


Untuk menemukan Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas . pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA kota medan, dengan unsur pokok yang harus ditemukan sesuai dengan butir-butir rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, maka digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan determinatif yaitu denagn mencari pengaruh yang ditimbulkan oleh kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris terhadap mata pelajaran bahasa inggris oleh siswa kelas X SMA Y Kota tebing tinggi.


C. Populasi dan Teknik Pengambilan Sampel


1. Populasi


Populasi merupakan keseluruhan subjek sebagai sumber data yang memiliki ciri-ciri tertentu dalam suatu penelitian. Karakteristik dalam penelitian ini adalah; (a) siswa kela 1A, 1B dan 1C, (b) bukan siswa pindahan, dan (c) bukan siswa tidak naik kelas. Berdasarkan karakteristik tersebut maka jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 146 orang.


Distribusi Siswa Kelas X


Di SMA Medan




NO


KELAS


JUMLAH SISWA



1


1A


49



2


1B


48



3


1C


49



TOTAL


146



2. Sampel


Untuk menetapkan besarnya jumlah sampel, peneliti akan menggunakan Nomogran Hari King dengan tingkat kesalahan 5 %. Berdasarkan ketentuan tersebut, diperoleh sample sebesar 51 (0,35 x 146 = 51,1 dibulatkan menjadi 51). Untuk menentukan sample pada masing-msing kelas peneliti menggunkan perhitungan persentase yang lebih lengkap dapat dilihat dalam tabel berikut:






No


Kelas


Populasi


Sampel



1


1A


49


17



2


1B


48


17



3


1C


49


17



jumlah


146


51




Keterangan =Sampel diperoleh dari hsil perkalian seperti contoh 48 x 51: 146 = 16,77 dibulatkan menjadi 17 orang







Teknik sampling yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling maksudnya adalah “teknik yang memberikan kesempatan yang sama bagi setiap unsure atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sample”. Selanjutnya untuk penentuan sample yang digunakan adalah teknik sistematik random sampling. Alasannya karena peneliti mengetahui nama atau identifikasi dari satuan-satuan individu populasi melalui daftar hadir siswa dimasing-masing kelas.


E. Teknik Pengumpulan Data


Untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler pada mata pelajaran bahasa inggris maka peneliti akan menggunkan teknik langsung terjun kelapangan yang berupa observasi. Karena dengan instrument pengumpulan data semacam ini peneliti rasa data yang akan dikumpulkan lebih akurat bila kita mengamati sendiri apa yang akan terjadi dilapangan tersebut.


F. Teknik Analisias Data


Teknik analisis data yang akan dipakai untuk menjawab masalah 1 dan 3 adalah analisis prosentase dengan rumus:


Keterangan:


Me:Mean(rata-rata)
Epsilon (baca: jumlah)


Mengenai jenis kegiatan ekstrakurikuler dan jenis aktivitas belajar siswa akan dianalisis dengan memaparkan dalam bentuk kalimat. Sedangkan mengenai Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y kota tebing tinggi akan digunakan rumus regresi.


G. Hipotesis Statistik





Berdasarkan uraian dari laporan penelitian yang penliti lakukan pada SMA Y Kota tebing tinggi tentang pengaruh pengaruh kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris terhadap aktivitas belajar siswa. Dan pengaruh yang dihasilkan sangat signifikan.


BAB IV


HASIL PENELITIAN


A. Hasil Angket


Berdasarkan hasil angket dengan responden sebanyak 17 orang diperoleh data sebagai berikut : 1.60% setuju bahwa organisasi atau ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi belajar, 33.3% setuju bahwa terkadang ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi belajar, dan 6.7 % tidak setuju bahwa ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Y Tebing Tinggi. 2.46,7 % membenarkan bahwa mengikuti ekstrakurikuler dapat mengurangi kegiatan belajar di rumah, 53,3% tidak membenarkan bahwa mengikuti ekstrakurikuler dapat mengurangi kegiatan belajar dirumah. 3.33,3% setuju bahwa mengikuti ekstrakurikuler dapat mengurangi jam belajar di sekolah, 66,7% tidak setuju bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapat mengurangi jam belajar di sekolah. 4.66.7% responden yang sangat aktif, aktif , dan kadang-kadang aktif pada ekstrakurikuler, menyatakan bahwa kegiatan belajar akademis tidak terganggu meskipun mengikuti ekstrakurikuler.


BAB V


PEMBAHASAN


Dari angket yang berisi pertanyaan umum baik pilihan ganda ataupun uraian, peneliti menguraikan dan menganalisis data sebagai berikut :


1. Sebagian besar responden setuju bahwa ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wawasan yang didapatkan siswa, antara lain :


a. Debat bahasa inggris maupun menjadi pembaca berita melatih keberanian siswa untuk berbicara bahasa inggris di depan umum .


b. Melatih pengucapan bahasa inggris yang lebih baik, diikuti dengan kemampuan berintonasi yang sesuai.


c.Wawasan yang berhubungan dengan bidang ekstrakurikuler yang diikuti siswa meliputi meningkatkan bakat siswa dibidang akademik.


d. Wawasan berorganisasi meliputi wawasan kepemimpinan,mengkoordinasi sebuah acara, tanggung jawab, kerjasama, berfikir prospek dalam menghadapi masalah nyata di lapangan, mengatur tata komunikasi di hadapan publik, dsb.


e. Wawasan bersosialisasi meliputi wawasan untuk mengenal banyak teman, berbicara, dsb.


Sehingga menghasilkan dampak-dampak sebagai berikut :


A. Dampak positif


-Memberikan wawasan non akademik. Yang dapat membantu siswa dalam membentuk pribadi dan karakter,serta menemukan jati diri siswa.


-Sebagai sarana penyaluran bakat.


-Memberikan wawasan akademik.


-Membentuk karakter siswa.


-Menunjang prestasi belajar siswa. Meskipun ada beberapa dampak negatif dari kegiatan ekstrakurikuler, tetapi dapat diminimalisir dengan pengaturan waktu yang tepat.


BAB VI


PENUTUP


A. Kesimpulan


Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut


1. Ekstrakurikuler merupakan faktor eksternal dalam meningkatkan prestasi belajar siswa


2. Beberapa kegiatan ektrakurikuler mengambil waktu dari kegiatan belajar mengajar. Tetapi, sebagian siswa menyatakan bahwa merekadapat membagi waktu.


3 .Dampak negatif dari ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa seperti mengurangi waktu belajar siswa baik di rumah maupun di sekolah


4. Dampak positif dari ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa antara lain :


-Memberikan wawasan akademik maupun non akademik.


-Membentuk karakter siswa


-Mengembangkan bakat siswa


-Menunjang prestasi belajar siswa


B. Saran


Dari kesimpulan yang didapat, peneliti memberikan saran sebagai berikut :


1. Sebaiknya sekolah mengatur jam kegiatan ekstrakurikuler agar tidak menyita atau menggunakan jam kegiatan belajar siswa di sekolah maupun di rumah.


2. Pihak penyedia ekstrakurikuler, dalam hal ini sekolah. Memberikan tenaga pengajar ekstrakurikuler yang berkompeten untuk mengajar dengan aktif dan kreatif. Sehingga siswa dapat benar-benar digali potensinya, dan tersalurkan dengan baik. Dalam hal ini dalam kemampuan berbahasa inggris


3. Dalam rangka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler diharapkan siswa memaksimalkan waktu dalam mengikuti kegiatan tersebut.





4. Murid-murid seharusnya membagi antara waktu ekstrakurikuler dan kegiatan belajar dengan baik agar tidak ada yang terganggu.


DAFTAR PUSTAKA


http://www.google.com


Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1995


Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung : Alpabeta, 2007


B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar Di Sekolah : Wawasan baru, Beberapa metode pendukung dan Beberapa komponen layanan Khusus, Cet 1. Jakarta : Rineka Cipta, 1997,


http://pitpitgitu.blogspot.com/2012/10/apa-itu-hipotesis.html


http://nindiwahyuni.blogspot.com/2013/05/contoh-proposal-penelitian-ilmiah.html





http://www.scribd.com/doc/29026218/Penelitian-Pengaruh-Ekskul-Terhadap-Prestasi-Belajar

Proposal Penelitian Ilmiah



BAB I


PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah


Setiap manusia pasti belajar, baik itu dari pendidikan sehari-hari, atau pendidikan formal seperti sekolah. Di dalam sekolah belajar mengajar pada dasarnya merupakan proses interaksi edukatif antara guru dan siswa. Tujuan dari interaksi edukatif tersebut meliputi tiga aspek, yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mencapai tujuan secara baik, diperlukan peran maksimal dari seorang guru, baik dalam penyampai materi, penggunaan metode, pengelolaan kelas dan sebagainya. Selain itu, diharapkan kepada guru untuk lebih kreatif untuk melakukan kegiatan pendukung pembelajaran didialam kelas salah satu kegiatan pendukung yang dimaksud adalah kegiatan ekstrakurikuler.


Kegiatan ekstrakurikuler merupakan “kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran”. Kegiatan ekstrakurikuler ini dapat dilakukan disekolah maupun diluar sekolah tergantung dengan kebutuhan dan kesesuaian jenis kegiatan ekstrakurikuler.


Khusus untuk mata pelajaran bahasa inggris, jenis kegiatan ekstrakurikuler yang sering dilaksanakan disekolah maupun diluar sekolah yaitu ekstrakurikuler debat bahasa inggris, pembaca berita, menulis, dsb


Dari paparan singkat diatas bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa, termasuk kegiatan yang dapat menunjang aktivitas belajar siswa dikelas. Dugaan ini terbukti dari hasil prasurvey yang peneliti lakukan di SMA Y tersebut. Dari prasurvey tersebut, peneliti menemukan sebagian siswa yang sering mengikuti kegiatan OSIS, perdebatan bahasa inggris, laboratorium bahasa, dan sebagainya juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar di kelas.


B. Identifikasi masalah


Merujuk pada Latar belakang maslah di atas maka dapat di identifikasi beberapa masalah yang berkaitan dengan latar belakang diatas :


1. Apakah ada pengaruh terhadap perstasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris?


2. Apakah terdapat hubungan antara kegiatan Ekstarkulikuler debat bahasa inggris pada prestasi belajar Siswa?


C. Pembatasan Masalah


Karena keterbatsan dari segi waktu, kesempatan dan kemampuan saya, maka penilitian ini hanya membahas tentang pengaruh dan hubungan antara kegiatan ekstrakulikuler bahasa inggris dengan prestasi belajar sisiwa kelas X SMA Y di kota tebing tinggi.


D. Rumusan Masalah


Berdasarkan uraian dan prasurvey diatas, maka dapat dirumuskan permasalahannya dalam penelitian diatas sebagai berikut:


1. Bagaimana Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris Siswa Kelas sepuluh pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y ?


2. Bagaimana Aktivitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y ?


3. Apakan terdapat Pengaruh yang Signifikant antara Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y ?


E. Tujuan Dan Kegunaan Penelitian


a) Tujuan Penelitian


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y. Namun secara spesifik tujuan penelitian ini bertujuan umtuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang:


1. Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y.


2. Aktivitas belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA Y.


3. Pengaruh yang signifikan antara kegiatan terhadap aktivitas belajar siswa kelas X pada mata pelajara bahasa inggris di SMA Y.


b) Kegunaan Penelitian


Adapun manfaat penelitian ini dapat peneliti rangkum kedalalam 2 bagian yaitu:


1. Manfaat Praktis


1.1. Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan terutama dikaitkan dengan hal-hal yang mempengaruhi keberhasilan belajar anak.


1.2. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka penyempurnaan konsep maupun implementasi praktek pendidikan sebagai upaya yang strategis dalam pengembangan kualitas sumberdaya manusia.


2. Manfaat Teoritis


2.1. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan yang bermanfaat bagi guru bahasa inggris sebagai bahan evaluasi sekaligus sebagai masukan dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mempengaruhi secara positif terhadap aktivitas belajar siswa di kelas.






BAB II


LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS


A. Kerangka Teori


1. Kegiatan Ekstrakurikuler


a. Pengertian Ekstrakurikuler bahasa inggris.


Kegiatan ekstrakurikuler adalah “kegiatan yang dilakukan siswa dan siswi sekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik


Adapun pengertian debat bahasa inggris adalah “usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam berbicara, memahami, menghayati dan mempraktekan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan dengan memperhatikan aturan untuk menyadari bahwa bahasa inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan didunia” dan bertujuan Mengembangkan keterampilan dalam komunikasi berbahasa Inggris secara lisan,Keterampilan berargumentasi dalam bahasa Inggris.


Berdasarkan pebgertian diatas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris adalah kegiatan tambahan yang dilaksankan diluar jam tambahan biasa dengan tujuan agar kegiatan tambhan tersebut dapat membantu siswa dalam memahami bahasa inggris dengan baik.


b. Prinsip-prinsip Program Ekstrakurikuler


Dengan berpedoman pada maksud dan tujuan kegiatan ekstrakurikuler disekolah maka dapat dikemukakan prinsip-prinsip kegiatan ekstrakurikuler. prinsip kegiatan ekstrakurikuler adalah sebagai berikut:


1. Semua siswa, guru dan personil administrasi sekolah hendaknya ikut serta dalam usaha meningkatkan program.


2. Kerjasama dalam team adalah fundamental.


3. Perbuatan untuk partisipasi hendaknya dibatasi.


4. Proses lebih penting daripada hasil.


5. Program hendaknya memperhitungkan kebutuhan khusus sekolah.


6. Dilaksanakan pada waktu di luar jam belajar siswa di kelas.


2. Aktivitas Belajar Siswa


a. Pengertian Aktivitas Belajar Siswa


Aktivitas belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan perubhan pengetahuan-pengetahua, nilai-nilai sikap, dan keterampilan pada siswa sebagai latihan yang dilaksanakan secara sengaja.


b. Jenis Aktivitas Belajar Siswa


Berdasarkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip diatas, diharapkan kepada guru untuk dapat mengembangkan aktivitas siswa. Diatas jenis-jenis aktivitas yang dimaksud dapat digolongkan menjadi:


1) Visual Activities, yaitu segala kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas siswa dalam melihat, mengamat, dan memperhatikan.


2) Oral Activities, yaitu aktivitas yang berhubungan dengan kemampuan siswa dalam mengucapkan dan berfikir.


3) Listening Aktivities, aktivitas yang berhubungan dengan kemampuan siswa dalam berkonsentrasi menyimak pelajaran.


4) Motor Activities, yakni segala keterampilan jasmani siswa untuk mengekspresikan bakat yang dimilikinya.


B. Kerangka Berfikir


Berdasarkan gambar diatas maka akan diketahui apakah ada pengaruh yang ditimbulkan kegiatan ekstrakurikuler mata pelajaran bahasa inggris(variabel x), terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris (variabel y). Lalu denagn diketahui pengaruhnya sehingga memungkinkan kemudahan bagi guru untuk menyusun rencana kerja yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler tersebut.


C. Penelitian Yang Relevan


Sebelum melakukan penelitian ini, peneliti telah menelusuri beberapa hasil penelitian terdahulu yang memiliki keterkaitan dengan penenlitian yang peneliti lakukan ini. Dari beberapa contoh judul penelitian terdahulu memang memiliki keterkaitan dari segi masalah yaitu mencari tau tentang hubungan dan pengaruh akan tetapi objek dan sasarannya yang berbeda. Oleh karena itu peneliti memilih masalah tentang Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler pada aktivitas belajar siswa SMA Y kota tebing tinggi kelas X.


D. Hipotesis Penelitian


Dari arti katanya, hipotesis berasal dari 2 penggalan kata, “hypo” yang artinya di bawah dan “thesa” yang artinya kebenaran. Peneliti mendalami permasalahan dengan seksama dan mensurvei teori (literatur/sumber referensi/kepustakaan), kemudian membuat hipotesis yang masih harus dibuktikan/diuji kebenarannya (di bawah kebenaran). Inilah hipotesis, peneliti harus berpikir hipotesisnya dapat diuji sehingga naik statusnya menjadi thesa atau sebaliknya tetap menjadi hipotesis.


Sugiyono (2008:96) menyatakan hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, di mana rumusan masalah telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Dikatakan sementara karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori yang relevan, belum didasarkan fakta-fakta empiris.


Dalam Ruseffendi (2005:23), hipotesis adalah penjelasan atau jawaban tentatif (sementara) tentang tingkah laku, fenomena (gejala), atau kejadian yang akan terjadi; bisa juga mengenai kejadian yang sedang terjadi. Jadi, hipotesis juga dapat dinyatakan sebagai jawaban teoritis sementara terhadap rumusan masalah penelitian, belum jawaban yang empirik dengan data.


Hipotesis termasuk dalam langkah penelitian, tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua penelitian harus merumuskan hipotesis. Penelitian yang bersifat eksploratif dan deskriptif sering tidak perlu merumuskan hipotesis.


G.E.R brurrough (Arikunto, 2010:112) mengatakan bahwa penelitian berhipotesis penting dilakukan bagi :


1. Penelitian menghitung banyaknya sesuatu


2. Penelitian tentang perbedaan


3. Penelitian hubungan.


BAB III


METODOLOGI PENELITIAN


A. Sasaran, Waktu dan Lokasi Penelitian


Yang menjadi sasaran pada penelitian ini adalah sisiwa SMA Y kelas X kota tebing tinggi, alasan memilih SMA Y kelas X kota tebing tinggi dikarenakan faktor lokasi dan keadaan dimana penelitia merasa perlu melakukan penelitian ini.


B. Metodologi Penelitian


Untuk menemukan Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas . pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA kota medan, dengan unsur pokok yang harus ditemukan sesuai dengan butir-butir rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, maka digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan determinatif yaitu denagn mencari pengaruh yang ditimbulkan oleh kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris terhadap mata pelajaran bahasa inggris oleh siswa kelas X SMA Y Kota tebing tinggi.


C. Populasi dan Teknik Pengambilan Sampel


1. Populasi


Populasi merupakan keseluruhan subjek sebagai sumber data yang memiliki ciri-ciri tertentu dalam suatu penelitian. Karakteristik dalam penelitian ini adalah; (a) siswa kela 1A, 1B dan 1C, (b) bukan siswa pindahan, dan (c) bukan siswa tidak naik kelas. Berdasarkan karakteristik tersebut maka jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 146 orang.


Distribusi Siswa Kelas X


Di SMA Medan




NO


KELAS


JUMLAH SISWA



1


1A


49



2


1B


48



3


1C


49



TOTAL


146



2. Sampel


Untuk menetapkan besarnya jumlah sampel, peneliti akan menggunakan Nomogran Hari King dengan tingkat kesalahan 5 %. Berdasarkan ketentuan tersebut, diperoleh sample sebesar 51 (0,35 x 146 = 51,1 dibulatkan menjadi 51). Untuk menentukan sample pada masing-msing kelas peneliti menggunkan perhitungan persentase yang lebih lengkap dapat dilihat dalam tabel berikut:






No


Kelas


Populasi


Sampel



1


1A


49


17



2


1B


48


17



3


1C


49


17



jumlah


146


51




Keterangan =Sampel diperoleh dari hsil perkalian seperti contoh 48 x 51: 146 = 16,77 dibulatkan menjadi 17 orang







Teknik sampling yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling maksudnya adalah “teknik yang memberikan kesempatan yang sama bagi setiap unsure atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sample”. Selanjutnya untuk penentuan sample yang digunakan adalah teknik sistematik random sampling. Alasannya karena peneliti mengetahui nama atau identifikasi dari satuan-satuan individu populasi melalui daftar hadir siswa dimasing-masing kelas.


E. Teknik Pengumpulan Data


Untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler pada mata pelajaran bahasa inggris maka peneliti akan menggunkan teknik langsung terjun kelapangan yang berupa observasi. Karena dengan instrument pengumpulan data semacam ini peneliti rasa data yang akan dikumpulkan lebih akurat bila kita mengamati sendiri apa yang akan terjadi dilapangan tersebut.


F. Teknik Analisias Data


Teknik analisis data yang akan dipakai untuk menjawab masalah 1 dan 3 adalah analisis prosentase dengan rumus:


Keterangan:


Me:Mean(rata-rata)
Epsilon (baca: jumlah)


Mengenai jenis kegiatan ekstrakurikuler dan jenis aktivitas belajar siswa akan dianalisis dengan memaparkan dalam bentuk kalimat. Sedangkan mengenai Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler bahasa inggris terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran bahasa inggris di SMA Y kota tebing tinggi akan digunakan rumus regresi.


G. Hipotesis Statistik





Berdasarkan uraian dari laporan penelitian yang penliti lakukan pada SMA Y Kota tebing tinggi tentang pengaruh pengaruh kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris terhadap aktivitas belajar siswa. Dan pengaruh yang dihasilkan sangat signifikan.


DAFTAR PUSTAKA


http://www.google.com

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1995

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung : Alpabeta, 2007

B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar Di Sekolah : Wawasan baru, Beberapa metode pendukung dan Beberapa komponen layanan Khusus, Cet 1. Jakarta : Rineka Cipta, 1997,

http://pitpitgitu.blogspot.com/2012/10/apa-itu-hipotesis.html

http://nindiwahyuni.blogspot.com/2013/05/contoh-proposal-penelitian-ilmiah.html

http://www.scribd.com/doc/29026218/Penelitian-Pengaruh-Ekskul-Terhadap-Prestasi-Belajar

Wednesday, January 22, 2014

2012, 2013, 2014 (Part I)

bingung ga sih sama judulnya? engga lah ya, orang itu bukan angka lain selain tahun-tahun yang udah sama-sama kita lewatin sebagai umat manusia di bumi..

berbicara tentang 2014 dulu, tahun baru nih, resolusi baru ga?, ber 'new year new me' juga? ngga. itu jawaban gue. kayanya dari tahun ke tahun gue ga pernah punya resolusi, paling cuma harapan-harapan aja, kenapa ga bikin resolusi? karena gue pemalas, karena menurut gue ya jalani aja apa yang ada dengan sebaik mungkin, klasik sih tapi itu juga penting menurut gue, kalo apa yang ada aja ga dijalanin dengan baik gimana caranya mau ngejalanin hal lain yang baru mau bakal ada? sementara yang ada aja masih banyak yang harus dibenerin, ini mau bikin-bikin lagi yang baru. eh btw ini no offense ya, gue ga bilang kalian harus ngikutin cara hidup gue, atau pun membenarkan apa yang gue lakuin, dan ga ngelarang juga kalian yang mau buat resolusi.

kalo mau dinyambung-nyambungin sih gue tetep punya resolusi, ya itu tadi, memperbaiki apa yang ga baik, membenarkan apa yang ga benar, jadi bisa dijalanin sebaik mungkin. mungkin bisa dibilang gue terlalu realistis, atau bisa juga selalu memandang suatu hal dari segi rasionalitas. yang ada di angan-angan ya letaknya di angan-angan, cuma di pikiran, ga real, ga nyata, ngapain dipikirin? liat aja dulu yang ada di depan mata, yang nyata-nyata harus dikerjain, udah bener belom?
sama seperti kebanyakan film yang gue suka, gue suka sama film-film yang mikir, film yang nyata, yang bisa terjadi juga di dunia sekarang ini, atau bakal terjadi di kehidupan yang akan datang. bukan film yang berlatar jaman dulu, bukan film yang punya makhluk-makhluk anomali, bukan film yang menceritakan alam lain yang antah berantah, dan ga rasional bakal dialami sama manusia, film kaya gitu mending buang aja jauh-jauh.

jadi intinya menurut gue, sah-sah aja bikin resolusi, asal tau diri. kalo yang ada udah beres, baru boleh bikin lagi hal-hal yang baru. ngapain punya resolusi ngajak orang tua jalan-jalan kalo tiap hari masih bikin kesel nyokap? ngapain punya resolusi nuntasin skripsi kalo ujian aja masih nyontek? ngapain punya resolusi nonton java jazz kalo blp aja ga tau? :))

so, apa resolusi mu?

Hey Yaaa!

udah lama yah ga ketemu..
gue baru sadar udah lama ga nulis sejak ngeliat bio umurnya masih 19 :)) hahaha padahal emang sengaja ga mau diganti *pencitraan
oke ga jelas sih sebenernya..but i warn you guys!! beberapa untaian kata ke depan memang cuma bakal berisi sesi curhat ga jelas, ga penting juga (buat kalian), tapi ya pengen nulis aja..

sebenernya lagi sih kalo mau jujur, gue cuma mau banyak-banyakin topik aja, biar ngepost banyak, ya kembali lagi pada tujuan awal blog ini dibuat, buat tugas! tapi lama-kelamaan selain buat nugas, jadi suka buat curhat juga sih..haha jadi ya campur-campur kan isinya, ada lah abis ngepost lirik galau, tetiba muncul bahasan diksi, terus bentar lagi ngebahas laporan penelitian ilmiah, terus resep masakan..yaudah lah ya, itu sih derita yang follow sama yang nyasar :))

masih dalam suasana tahun baru, saya beserta segenap keluarga yang bertugas mengucapkan selamat datang buat 2014!! semoga betah ya di hati masing-masing..oia, ga lupa juga ngucapin selamat jalan buat si 2013, semoga ga bakal balik lagi ya, pastilah!

udah deh segini saja, anggap aja ini pembukaan buat postingan-postingan ga jelas berikutnya..
happy reading, strangers!
:p